Limbah Plastik Bisa Di Manfaatkan Untuk Bahan Baku Pallet Plastik

Pada proses logistik pallet bukanlah sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi. Dan jual pallet plastik yang baru maupun yang bekas juga sudah banyak yang mengetahui. Pallet merupakan sebuah bantalan yang dipakai untuk menyimpan persediaan barang. Tujuan seseorang menggunakan pallet adalah untuk mempercepat proses penyimpanan dan pengeluaran barang yang ada didalam gudang.

limbah plastik bisa di manfaatkan untuk

Namun pada umumnya perusahaan industri dan pabrik memakai pallet kayu untuk melakukan penyimpanan barang atau produk, namun baru baru ini semakin banyak yang memakai dan berpindah menggunakan pallet plastik.

Karena banyak yang beranggapan bahwa menggunakan pallet plastik lebih menguntungkan dibandingkan dengan pallet kayu. Walaupun modal awal yang dikeluarkan lebih banyak jika menggunakan pallet plastik. Tapi walaupun demikian pallet plastik mempunyai sifat ramah lingkungan, karena pallet ini bisa didaur ulang kembali.

Pallet plastik juga bisa memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan baku pembuatannya.

Untuk Mendaur ulang pallet plastik membutuhkan beberapa limbah plastik yang berasal dari limbah pabrik, sampah plastik dari rumah tangga, dan sampah publik. Seteleh melewati beberapa proses di pabrik, sampah atau limbah ini bisa disulap menjadi pallet plastik yang kuat dan siap untuk digunakan.

Harga pallet plastik juga bisa dibilang lebih murah jika dilihat dari jangka waktu pemakaian pallet kayu, pallet plastik bisa 10x lipat lebih lama dibandingkan dengan pallet kayu. Pallet plastik juga bersifat higienis karena tidak bisa menyerap bau dan aroma.

Proses Daur Ulang

Berikut dibawah ini adalah proses setelah plastik didaur ulang. Plastik yang telah didaur ulang lalu diproses menjadi pallet plastik.

Ada 6 jenis proses pembuatan pallet plastik, yaitu :

1.Injection molding

Pada tahap proses ini plastik mengalami pemanasan terlebih dahulu hingga meleleh, lalu di injeksikan ke cetakan yang sudah di dinginkan di dinginkan terlebih dahulu hingga mengeras.

2.Structural foam molding

pada proses ini plastik dibentuk dengan mesin berkekuatan tinggi sehingga mencapai kekakuan yang diinginkan sehingga terciptalah tekstur yang kuat.

3.Thermoforming

Plastik kembali melalui tahan pemanasan dengan suhu yang cukup tinggi hingga terjadi kelenturan tertentu lalu dibentuk dengan suatu cetakan dan dipotong hingga bentuk tertentu.

4.Compression molding

Dalam proses ini plastik dipanaskan hingga lunak dan dimasukkan ke dalam rongga cetakan hingga terisi penuh. Kemudian cetakan ditekan dengan tekanan tinggi kemudian dikeluarkan ketika masih panas.

5.Rotational molding

Pada tahap ini plastik yang ingin diproses akan dibentuk dengan suhu tinggi dan tekanan rendah kemudian diperlakukan dengan rotasi dua sisi sampai membentuk pallet.

6.Extrusion molding

Plastik dilelehkan dengan proses pemanasan sehingga melunak di dalam suatu barrel. Hal ini terjadi karena adanya gesekan antar material akibat putaran sekrup.

Apakah Anda tertarik menggunakan pallet plastik? Jika iya, berarti sama saja Anda mencintai lingkungan sekitar, karena pembuatan pallet plastik mampu mengurangi sampah publik dan sampah rumah tangga. Jika Anda tertarik untuk membeli pallet plastik bisa kunjungi di safeway.co.id  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *