Ide Gila Benny S. Wijaya Terhadap Inovasi Teknologi

Khayalan liar dan imajinasi tanpa batas akan kita temukan saat membaca buku Produk – Produk Edan di Masa Depan buah karya Benny S. Wijaya. Sang Penulis yang juga berprofesi sebagai arsitek ini mampu membawa pikirannya keluar dari kotak pembatas kreativitas atau istilahnya thinking outside the box dalam membahas persoalan inovasi produk teknologi.

BF5R autonics fiber optic sensor model supplier in india-500x500

Di tiap harinya imajinasi, khayalan, bahkan lamunan sebetulnya adalah hal yang sangat istimewa. Unsur pikiran ini akan membawa kita pada kumpulan ide yang jumlahnya tak terbatas. Sayangnya, entah apa boleh dikatakan sial atau kurang beruntung kita telah kehilangan sebagian besar daya imajinasi. Berbagai problematika hidup lengkap dengan tekanan yang dihasilkan memiliki sifat korosif terhadap kemampuan imajinatif kita.

Paragraf di atas adalah alasan saya kagum dengan keahlian yang di miliki Benny S. Wijaya. Beliau begitu pandai dalam menjaga dan mengolah khayalannya. Kepiawaiannya saat menjabarkan ide liar tentang produk masa depan akan membuat kita seolah melebur kedalamnya. Dalam halaman pendahuluan beliau mengakui bahwa cara pandangannya sangat terinspirasi khayalan Fujiko F Fujio dan maestero besar Leonardo Da Vinci.

Fujiko F Fujio menjadi panutannya dalam membebaskan imajinasi teknologi segila – gilanya. Dimana letak kegilaanya? Kita tentu amat akrab dengan karakter robot kucing fiktif bernama Doraemon, tokoh kartun ini terlahir dari khayalan Fujio. Sedangkan dari Da Vinci kita dapat menemukan alat – alat yang sebelumnya  dianggap mustahil untuk dibuat tetapi saat ini telah menjadi teknologi yang dipandang biasa oleh masyarakat. Sebagai contoh ide melayang di udara dengan parasut dan masuk ke dalam air dengan kapal selam adalah hasil lamunan Leonardo DaVvinci yang kini terwujud.

Lalu se-edan apakah inovasi teknologi seorang Benny? Tenang anda akan segera mengetahuinya. Disini saya hanya memberikan satu sampel saja dari kreasi kahayalan Benny yang tersaji di dalam buku karena lebih afdof rasanya bila anda mencari tahu dengan membaca bukunya sendiri.

AMEUR

Sebuah produk yang direncakan rilis pada tahun 2030 dan diresmikan di atas gurun Gunung Bromo, Jawa Timur akan menggemparkan seluruh pengunjung yang hadir. Awalnya mungkin mereka akan memandang remeh AMEUR karena benda ini hanya tampil sebagai rumah biasa, tetapi setelah masuk acara puncak mereka baru mulai keheranan. Secara mendadak seorang mandor konstruksi berlari menembus kerumunan orang menuju AMEUR lalu berteriak, “Emergency! Diaster will coming!!”. Pengunjung semakin tersentak ketika gedung rumah bangkit berdiri lalu berlari menuju area yang dipatok sebagai zona nyaman.

Bagaimana? Edan, bukan? Entah apa sensor dan kontroler yang akan dipakai AMEUR dalam menerima serta mengeksekusi perintah. Mungkin saat ini komponennya  bisa dibeli lewat Distributor Autonics, mengingat raksasa teknologi ini adalah yang paling maju dalam pengembangan alat control dan sensor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *