7 Tahapan Kinerja Jasa Arsitek

Meskipun desain kreatif adalah salah satu aspek paling nyata dari karya arsitek, seorang arsitek dapat terlibat dalam proyek bangunan Anda setiap langkah untuk memastikan hasil terbaik.

Untuk memastikan pemahaman ini, jasa arsitek murah Anda akan menyiapkan Perjanjian untuk Layanan Arsitek – kontrak standar antara Anda dan arsitek Anda untuk pekerjaan perumahan. Ini akan menguraikan ruang lingkup pekerjaan, ruang lingkup layanan, bagaimana biaya dan biaya akan dikenakan dan persyaratan layanan khusus apa pun. Ada sejumlah kontrak lain yang tersedia untuk proyek-proyek arsitektur komersial.

  1. Prainain

Setelah pertemuan awal (atau pertemuan), arsitek Anda akan mulai mengumpulkan informasi penting seperti sertifikat judul, rencana drainase dan penetapan zonasi dan informasi perencanaan kota. Kadang-kadang Anda, sebagai klien, mungkin memiliki beberapa informasi ini atau dapat membantu mengumpulkannya, tetapi ini harus didiskusikan dengan jelas untuk menghindari kebingungan. Arsitek mungkin juga perlu agar situs Anda disurvei, atas nama Anda, untuk secara akurat menentukan kontur dan batas. Masalah yang berkaitan dengan penanaman yang ada, kursus air dan jenis tanah mungkin juga perlu ditangani.

  1. Desain konsep

Ketika parameter proyek ditetapkan, jasa arsitek akan mulai mengembangkan konsep. Ini akan dipengaruhi oleh lingkup proyek, anggaran, dan kebutuhan individu Anda.

Desain konsep pada dasarnya adalah serangkaian solusi singkat. Mereka dapat dikembangkan melalui gambar, denah lantai dan sketsa perspektif, atau render komputer atau model fisik.

Selama pengembangan konsep, seorang arsitek akan menyelidiki sejumlah ide. Tidaklah luar biasa untuk menerima sejumlah ide alternatif untuk proyek Anda, karena arsitek Anda akan berpikir tentang masalah yang luas, mencari keuntungan dari situs dan pengaturan dan cara-cara untuk merancang lebih efisien. Alternatif-alternatif ini dapat menantang pemikiran Anda tetapi berpikiran terbuka dan berkomunikasi dengan jelas tentang apa yang Anda lakukan dan tidak sukai. Itu selalu membantu untuk mengunjungi kembali singkat Anda untuk menilai apakah ada konsep yang memenuhi tujuan yang Anda nyatakan.

  1. Desain yang dikembangkan

Ketika sebuah konsep disepakati, arsitek Anda akan menguji ide, menyaring rincian dan membentuk desain akhir. Desain yang dikembangkan adalah fase kunci – ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk menyempurnakan sifat keseluruhan proyek sebelum perencanaan dimulai. Jika Anda memiliki persyaratan tambahan sekarang adalah waktu untuk mengaturnya. Anggaran Anda akan ikut bermain selama desain yang dikembangkan. Pikirkan prioritas dalam hal waktu, kualitas dan biaya dan alokasikan wewenang untuk pengambilan keputusan akhir. Anda dan arsitek Anda mungkin ingin melibatkan surveyor kuantitas untuk memperkirakan biaya. Meskipun sulit untuk memprediksi biaya akhir suatu bangunan, arsitek Anda dan spesialis eksternal yang dikolaborasikan dengan mereka dilatih untuk mengidentifikasi semua biaya potensial dan akan membentuk perkiraan berdasarkan pengetahuan itu. Jujurlah tentang anggaran Anda dan bekerja dengan arsitek Anda untuk menemukan solusi jika diperlukan. Arsitek juga dapat memainkan peran dalam mendapatkan persetujuan sumber daya, jika diperlukan, untuk bangunan Anda. Namun, mungkin perlu untuk terlibat dengan spesialis atau konsultan untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk Anda.

  1. Desain terperinci

Setelah persetujuan sumber daya disetujui, proyek Anda akan berlanjut ke fase desain terperinci. Ini berarti arsitek Anda akan memajukan desain Anda ke tingkat detail yang memungkinkan kontraktor konstruksi untuk menilai cakupan penuh proyek. Ini akan mencakup rincian konstruksi, material, komponen, sistem, dan penyelesaian. Pastikan untuk meninjau kembali Perjanjian untuk Layanan Arsitek untuk memastikan semua aspek kontrak termasuk dalam desain terperinci.

Karena arsitek Anda berada di jantung proyek bangunan Anda, mereka diposisikan terbaik untuk memahami kode dan standar yang relevan dan menyampaikan kepada Otoritas Persetujuan Bangunan tentang hal-hal khusus dari proyek Anda.

Seorang arsitek dilatih untuk memahami proses persetujuan pembangunan – mereka tahu jargon dan masalah teknis yang mungkin tidak sepenuhnya Anda pahami. Seringkali seorang arsitek akan berkomunikasi dengan Otoritas Persetujuan Bangunan dan menumbuhkan pemahaman tentang proyek Anda dari tahap awal. Arsitek Anda akan memiliki pemahaman mendalam tentang keadaan industri konstruksi saat ini dan dapat menjadi panduan yang tak ternilai dalam memilih pembangun berkualitas dan kontraktor lain untuk melaksanakan desain Anda. Arsitek Anda dapat membantu proses tender, jika itu adalah metode pengadaan, dan dapat mempertimbangkan kebutuhan khusus Anda ketika memilih kontraktor.

  1. Administrasi kontrak

Seorang arsitek dilatih dalam pengelolaan kontrak dan transaksi keuangan selama pembangunan gedung Anda. Proyek memang berubah dan terkadang ada elemen tak terduga yang mungkin memerlukan pertimbangan kontraktual – arsitek Anda ditempatkan dengan baik untuk membantu perkembangan tersebut. Biarkan arsitek Anda tahu apakah Anda memiliki preferensi tertentu tentang sifat kontrak proyek Anda atau masalah dengan pembiayaan. Ada pedoman yang komprehensif tentang bagaimana arsitek NZIA harus mengenakan biaya mereka sendiri dan mengatur pembayaran untuk orang lain. Penting bagi Anda untuk membaca dan memahami rekomendasi ini. Umumnya, Anda akan membayar biaya bulanan atau pada tahap-tahap tertentu dari proses desain. Arsitek akan menetapkan biaya mereka sesuai dengan tingkat keterlibatan mereka dalam proyek Anda, sebagaimana didefinisikan oleh Perjanjian untuk Layanan Arsitek.

  1. Pengamatan proyek

Seorang arsitek dapat memainkan peran penting dalam mengawasi fase konstruksi proyek Anda dengan kunjungan di tempat dan memantau kontrak konstruksi yang ada.

Arsitek Anda tahu praktik terbaik dan dapat mengamati kualitas konstruksi, serta menunjukkan setiap potensi masalah yang mungkin timbul.

Ini adalah pilihan Anda seberapa dalam keterlibatan tamu Anda. Saat menentukan peran mereka di tempat, pertimbangkan hubungan mereka dengan kontraktor lain. Anda dapat memutuskan bahwa arsitek Anda perlu bekerja di tempat secara teratur, atau mungkin cukup bagi mereka untuk mengunjungi dan memantau proyek secara berkala.

  1. Selesai

Ketika kontraktor utama menasihati arsitek Anda, proyek ini praktis selesai (beberapa detail kecil mungkin tetap) arsitek Anda dapat menilai konstruksi dan memberikan daftar terperinci dari pekerjaan yang tersisa. Arsitek Anda akan mengumpulkan semua jaminan perdagangan dari kontraktor utama dan akan mengamankan Sertifikat Kepatuhan Kode untuk Anda. Pada titik ini dalam proyek, arsitek Anda juga akan membantu mengelola pembayaran akhir untuk kontraktor dan mengeluarkan kontraktor utama dengan Sertifikat Tanggung Cacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *